Selasa, 29 November 2011

Pengertian Disiplin

Menurut Drs. Malayu S.P. Hasibuan (1991 : 212) berpendapat :

 Disiplin adalah kesadaran dan kesediaan seseorang yang secara sukarela mentaati semua peraturan perusahaan  dan norma-norma sosial yang berlaku.

Sedangkan menurut Soegeng Prijodarminto (1994 : 23) berpendapat bahwa :

Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan atau tertetiban.

            Dari kedua pendapat tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian disiplin adalah ketaatan seseorang terhadap peraturan dan norma yang berlaku.

            Ketaatan tersebut ditunjukkan melalui perbuatan dan tingkah lakunya. Sikap dan perilaku yang demikian ini dapat timbul atas kesadaran sendiri atau melalui proses pembinaan, baik pembinaan melalui keluarga, pendidikan dan pengalaman atau pengenalan dari keteladanan dari lingkungannya.

            Titik sentral pembinaan di sini adalah terletak pada pembinaan sumber daya manusia (pegawai). Pegawai merupakan unsur yang terpenting dalam suatu organisasi di samping unsur lainnya yang bersifat materi seperti mesin-mesin, metode kerja, dan unsur lainnya. Unsur-unsur yang bersifat materi akan memberikan manfaat bagi organisasi jika pegawai yang ada dalam organisasi merupakan pegawai yang potensial.

            Berkaitan dengan adanya disiplin yang merupakan ketaatan ini maka kelancaran proses kerjasama diantara pegawai dalam rangka mencapai tujuan organisasi akan dapat tercapai dengan baik.
            Kemudian agar tata tertib dijalankan, maka pembinaan disiplin pegawai dapat juga berupa hukuman. Pemberian hukuman disini dimaksudkan untuk meberikan bimbingan dan pembinaan bagi pegawai, dalam menciptakan tata tertib di lingkungan organisasi. Karena dengan tata tertib yang baik, maka semangat kerja, efisiensi dan efektifitas kerja akan meningkat yang pada akhirnya akan mendukung tercapainya tujuan organisasi.

1 komentar:

  1. Artikel yang cukup bermanfaat dan menambah Ilmu, Kunjungi juga ya www.biologi.uma.ac.id dan www.uma.ac.id

    BalasHapus